6 Cara Terbaik untuk Menangani Anak yang Penakut


Sering sekali anak-anak merasa takut ketika bertemu dengan orang lain yang tidak dikenalinya. Ada anak yang hanya mau dengan orang tuanya saja karena terlalu takut. Sikap ini tentu akan mempengaruhi pertumbuhan anak ke depannya ketika berinteraksi dengan orang lain. belajar parenting berikut untuk mengetahui cara terbaik menangani anak yang penakut. 

1. Berikan Anak Pemahaman 

Anda bisa melihat dengan jelas tingkah laku anak ketika merasa takut. Biacaralah dengannya dan tanyakan apa yang membuatnya merasa takut. Lakukan perlahan-lahan dan berikan anak pemahaman atas hal apa yang ditakutkannya. Tujuannya untuk membentuk pemikiran pada anak tidak ada yang perlu ditakutkannya. 

2. Berikan Motivasi 

Anak membutuhkan motivasi agar ia merasa aman dengan apa yang sedang dihadapinya. Berikan dorongan pada anak bahwa dirinya adalah anak yang pemberani. Tunjukan bahwa Anda akan selalu menjaganya sehingga tidak ada yang perlu ditakutkannya. 

Di dalam motivasi yang diberikan tentunya tidak lepas dari pujian. Lakukan pujian sesuai dengan kemampuan anak dalam melawan rasa takutnya. Hal ini tentu saja membuat anak merasa berhasil melakukan sesuatu dan akan menjadi lebih berani. 

3. Mengajarkan Berkomunikasi 

Salah satu penyebab yang membuat anak merasa takut adalah karena tidak mampu berkomunikasi atau tidak memahami apa itu komunikasi. Anda harus belajar parenting ini dengan baik, bahwa komunikasi adalah bagian yang penting untuk diajarkan pada anak. 

Mulailah untuk mengajak anak berbicara tentang banyak hal yang disukainya dan jangan lupa untuk menanyakan apa yang tidak disukainya. Setelah itu ajarkan anak untuk melakukan komunikasi dengan orang-orang yang ada di dalam rumah. 

Mulai lakukan hal ini sejak kali pertama anak pandai berbicara. Pastikan anak dekat dengan Anda dan memahami apa yang diberitahu padanya. Setelah itu, lakukanlah komunikasi pada anak dengan membawanya keluar rumah. Buatlah anak melakukan komunikasi dengan anak-anak seusianya. Cara ini akan membuat anak memiliki keberanian di dalam dirinya. 

4. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan 

Rasa takut kerap membuat anak merasa tegang sehingga tubuhnya tidak dapat merasa rileks. Anda perlu melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama anak untuk membuatnya lebih tenang. Olahraga merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan agar anak dapat merasa tenang. 

Ini juga merupakan cara untuk mengalihkan anak dari rasa takut yang dimilikinya. Anda bisa melakukan pengalihan lain dari rasa takutnya dengan bermain, membuatnya melakukan permainan yang akan mengarahkan anak untuk melawan rasa takutnya. 

Anak yang takut karena tidak biasa dengan apa yang dihadapinya. Ketakutan juga terjadi ketika anak merasa dirinya terancam. Jika dibiarkan berlanjut tanpa tindakan yang tepat makan anak Anda bisa mengalami gangguan psikologi. Penting sekali untuk belajar parenting tentang anak agar dapat menjaganya dengan baik dan tentunya memberikan perhatian yang cukup.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Terbaik untuk Menangani Anak yang Penakut "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel