Lebih Hemat, Mobil Matik atau Mobil Manual?


Sebelum melakukan pembelian mobil tentunya ongkos menjadi di antara hal yang dipertimbangkan. Mulai dari harga, ongkos perawatan hingga ongkos lainnya. Biaya terbesar ketika mempunyai mobil ialah BBM. 

Mobil mesti dipenuhi BBM supaya terus dapat berjalan. Maka dari tersebut mobil irit BBM seringkali menjadi pilihan. 

Mobil dengan julukan hemat seringkali disematkan pada mobil dengan transmisi manual. Di samping hemat, mobil-mobil manual juga seringkali dijual dengan banderol harga lebih murah.

Julukan bertolak belakang justru mesti rela disandang mobil bertransmisi otomatis atau biasa dinamakan mobil matik. Mobil matik malah sering dibilang boros. 

Tapi apa benar mobil manual lebih irit dari mobil matik?

Ungkapan itu tak sepenuhnya benar. Di zaman sekarang, semua pabrikan mobil telah mengejar teknologi modern yang dapat membuat mobil matik irit serupa dengan yang transmisinya manual. Salah satu teknologinya yaitu pemakaian transmisi Continuosly Variable Transmissions alias CVT. 

Sistem kerja pada transmisi CVT bertolak belakang dari transmisi otomatis lainnya. Tapi guna pengendara teknik pengoperasiannya sama. Hanya tinggal mengalihkan tuas transmisi ke posisi Drive atau 'D' dan injak pedal gas maka mobil bakal jalan. 

Tidak laksana transmisi otomatis dan manual yang perlengkapan giginya telah tetap, transmisi CVT justru dapat terus mengolah rasio roda gigi supaya efisiensi BBM dapat tetap terjaga. 

Sebenarnya transmisi otomatis tradisional juga dapat menyamakan efisiensi BBM mobil manual. Mobil matik ketika ini mempunyai lebih tidak sedikit roda gigi depan daripada transmisi manual. 

Roda gigi yang lebih tidak sedikit itu menolong mesin mengantarkan tenaga yang sama ke roda ketika bekerja dengan putaran mesin lebih rendah sehingga dapat lebih irit bahan bakar. 

Hal tersebut juga dipadukan dengan penemuan teknologi-teknologi baru oleh semua pabrikan mobil supaya membuat mobil-mobil transmisi matiknya lebih hemat. 

Logika mudahnya How Stuff Works menyinggung mobil yang tidak sedikit dijual di Amerika transmisinya otomatis. Pabrikan mobil pun sudah mengejar hitung-hitungan yang pas soal pengembangan transmisi baru yang lebih menguntungkan konsumen itu. 

Selain tersebut adanya aturan dari pemerintah setempat soal standar efisiensi BBM pun semakin menciptakan pabrikan mobil berlomba-lomba menciptakan mobilnya dapat lebih irit lagi. Jadi sebetulnya seiring dengan pertumbuhan teknologi baik mobil matik maupun manual efisiensi BBM tidak jauh berbeda. 

Nah Otolovers masalah transmisi mobil pun termasuk dalam selera pengemudi ya. Ada yang memang lebih suka mengemudikan mobil manual ada pun yang lebih suka transmisi otomatis.

Belum ada Komentar untuk "Lebih Hemat, Mobil Matik atau Mobil Manual?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel