Post Top Ad

Faktor Penentu Ketika Beli Rumah


Semua orang tentu bercita-cita mempunyai rumah. Namun, dalam prosesnya yakni melakukan pembelian rumah, diperlukan suatu pertimbangan yang matang.

Perencana Keuangan dari Kaukabus Financial Literacy Center, Kaukabus Syarqiyah menuliskan minimalnya terdapat tiga hal penentu untuk seseorang saat akan melakukan pembelian rumah. Ketiga hal ini dapat terbilang merangkum untuk jangka panjang.

"Idealnya paling tidak punya tiga hal yaitu PSK. Dekat dengan pasar, dekat dengan sekolah, atau dekat dengan kantor. Jadi tersebut tiga hal penentu saat membeli properti," ujarnya.

Dia menjelaskan, hal penentu yang kesatu yakni lokasi tinggal dekat dengan pasar tersebut penting. Sebab, pasar membalas semua keperluan sehari-hari daripada penghuni rumah tersebut sendiri. Jika tidak, maka penghuni lokasi tinggal pun inginkan tidak inginkan harus mengeluarkan ongkos lebih guna transportasi contohnya atau melakukan pembelian kendaraan.

"Malah terdapat satu wilayah perumahan, ke pasarnya tersebut perlu masa-masa 30 menit, jauh sekali. Penghuninya saja masing-masing minggu mesti beli stok bahan pangan hingga seminggu," jelasnya.

Rumah dekat dengan sekolah pun penting, terutama untuk yang telah berkeluarga. Pasalnya, anak-anak bakal semakin bertumbuh dan memerlukan pendidikan.

Kemudian, hal penentu lainnya dalam melakukan pembelian rumah ialah harus dekat dengan kantor. Jika tidak demikian, maka bakal muncul ongkos sosial (social cost) seperti ongkos transportasi. Di samping itu, dapat jadi bakal munculnya ongkos pengobatan lantaran jarak yang ditempuh sehari-harinya lumayan jauh sampai-sampai terkadang menciptakan seseorang jatuh sakit akibatnya.

"Rumah yang jauh sekali dengan kegiatan maka social cost bakal muncul. Tapi ada pun yang rumahnya jauh, biar dekat dapat disiasati dengan dia mengontrak atau kos di sekitar kantor," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

My Instagram