Berbagai Cara Mudah Mengobati Infeksi Telinga

Rasa sakit dari infeksi telinga (otitis interna) dapat mengganggu kegiatan harian Anda. Belum lagi pun harus berurusan dengan cairan yang sesekali merembes terbit dari lubang telinga. Infeksi telinga seringkali disebabkan oleh bakteri atau virus, sampai-sampai pengobatannya jangan sembarangan. Berikut ini sekian banyak  obat infeksi telinga yang biasa diresepkan dokter, plus perawatan rumahan yang bisa Anda coba guna mempercepat penyembuhan.

Obat infeksi telinga dari dokter

Pengobatan guna infeksi telinga seringkali disesuaikan menurut penyebab, usia, dan keparahan infeksi. Berikut ini sekian banyak  obat yang lazimnya diresepkan untuk menanggulangi infeksi telinga, yaitu:

Antibiotik

Dokter akan menyerahkan antibiotik minum guna infeksi telinga yang diakibatkan oleh bakteri. Antibiotik diserahkan untuk menanggulangi infeksi telinga pada:

  • Anak-anak berusia 6 bulan ke atas yang merasakan nyeri telinga sedang sampai berat pada satu atau kedua telinga. Rasa sakit pun telah dilangsungkan selama tidak cukup dari 48 jam dan merasakan peningkatan suhu tubuh sampai lebih dari 39ÂșCelsius.
  • Anak-anak berusia 6 sampai 23 bulan dengan nyeri telinga enteng pada satu atau kedua telinga yang telah dilangsungkan selama tidak cukup dari 48 jam dan suhu tubuh masih di bawah 39ÂșCelsius.
  • Anak-anak berusia 24 bulan ke atas sampai dewasa dengan nyeri telinga enteng pada satu atau kedua telinga. Rasa nyeri telah dilangsungkan selama tidak cukup dari 48 jam dan suhu tubuh di bawah 39 derajat celcius.

Antibiotik mesti diminum cocok takaran takaran dan dikuras sampai tenggat masa-masa yang sudah ditentukan dokter. Di samping obat minum, dokter juga dapat meresepkan antibiotik tetes guna mengobati infeksi telinga unsur luar.

Jika diakibatkan oleh infeksi virus, dokter akan menyerahkan obat infeksi telinga jenis antiviral untuk menanggulangi gejalanya.

Obat pereda nyeri dan dekongestan

Pada sejumlah kasus, infeksi telinga dapat disebabkan oleh penyakit lain laksana flu maupun alergi. Jika diakibatkan oleh flu atau penyakit pernapasan lainnya, Anda dapat gunakan obat pereda nyeri yang dipasarkan bebas di pasaran, laksana paracetamol dan ibuprofen, untuk menolong meredakan sakit yang terjadi dampak peradangan di dalam telinga.

Jika infeksi telinga terjadi dampak reaksi alergi, Anda dapat menggunakan dekongestan atau antihistamin laksana pseudoephedrine atau diphenhydramine (Benadryl). Meskipun obat-obatan ini bisa dibeli tanpa resep dokter, tetapi usahakan guna berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum meminumnya. Balita yang merasakan infeksi telinga tidak boleh diserahkan obat-obatan tersebut.

Perawatan rumahan guna mengobati infeksi telinga

Di samping obat dokter, kita juga dapat meredakan fenomena infeksi telinga dengan cara:

Mengompres telinga dengan air hangat
Mengompres telinga dengan pertolongan air hangat dapat menolong meredakan desakan dan rasa sakit. Rendam waslap bersih alam air hangat dan peras saldo airnya. Tempelkan sekitar maksimal 20 menit di atas telinga yang sakit. Di samping kain waslap atau handuk, kita juga dapat menggunakan kapas untuk lantas ditempelkan di lubang terluar telinga.

Berkumur dengan air garam

Air garam dapat menolong meredakan radang tenggorokan dampak infeksi telinga. Tak melulu itu, berkumur dengan air garam pun membantu mencuci saluran telinga yang tersumbat dampak produksi lendir berlebih.

Usahakan guna tetap menjaga kesucian indera pendengaran kita dan jaga supaya telinga tidak jarang kali tetap kering supaya tidak menjadi sarang untuk bakteri dan virus penyebab infeksi.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Cara Mudah Mengobati Infeksi Telinga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel